Jaringan Twisted Pair

Definisi Kabel Jaringan Twisted Pair

Apa itu Kabel Twisted Pair? Twisted Pair jika dibahasakan kedalam bahasa Indonesia yaitu kabel pasangan berpilin atau berbelit-belit. Panggilan tersebut muncul dari bentuk fisik kabel Twisted Pair itu sendiri. Jika digambarkan lebih spesifik maka akan terbentuk sebuah definisi sebagai berikut :
    
    "Pengertian kabel Twisted Pair yaitu sebuah kabel yang terdiri dari dawai kawat tembaga yang digabungkan menjadi satu dengan cara dibelit enam kali per-inchi yang membentuk spiral."
   "Kabel jaringan Twisted Pair adalah suatu jenis kabel yang digunakan sebagai trasnmisi terarah (Wireline) untuk perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer.

Karakteristik Kabel Jaringan Twisted Pair

sumber gambar : google.com

Karakteristik kabel ini menggunakan beberapa kawat tembaga yang saling dibelit dengan pasanganya, dan setiap kawat tembaganya dilapisi oleh isolator yang memiliki masing-masing warna.
Dari gammbar diatas dapat dilihat jika kabel jaringan ini terdiri dari :
  1. Conductor, Merupakan kawat tembaga yang terletak di tengah-tengah dan mempunyai fungsi sebagai media konduktor listrik, ini alasannya disebut Conductor.
  2. Insulator, Tiap kawat tembaganya dilapisi oleh insulator yang memiliki warna yang berbeda, fungsi lapisan ini untuk melindungi kawat tembaga agar tidak bersentuhan langsung dengan kawat tembaga lainnya yang telah dibelit.
  3. Cable Jacket atau Kulit Kabel, Di bagian paling luar kabel Twisted Pair terdapat cable jacket yang berfungsi sebagai pelindung kabel Twisted Pair.
Klasifikasi kabel Twisted Pair ini sebagai berikut :
  • Bagian dalamnya terdiri dari 2 kawat tembaga yang dibagi menjadi 8 dawai dan dikelompokkan menjadi 4 pasang, lalu di belitkan menjadi satu.
  • Kabel jaringan Twisted Pair memiliki kecepatan transmisi dari 10 Mbps hingga 100 Mbps.
  • Kabel jaringan Twisted Pair hanya bisa menghandle satu kanal data yang bekerja pada baseband.
  • Instalasi jaringan komputer menggunakan kabel ini membutuhkan sebuah HUB untuk membangun sebuah LAN yang baik.
  • Media dan ukuran konektor kecil.
  • Kabel jaringan Twisted Pair biasannya menggunakan konektor RJ-11 atau RJ 45 untuk koneksinya.
  • Pemeliharaan kabel ini tergolong mudah.
  • Jika ada kerusakan pada salah satu kabel jaringan Twisted Pair tidak akan mengganggu jaringan kabel tersebut secara keseluruhan.
Jenis-Jenis Kabel Twisted Pair 

Sumber gambar : google.com

Unshielded Twisted Pair atau UTP

Kabel Jaringan Twisted Pair bagian dalamnya terdiri dari 4 pasang kabel tembaga, yang setiap pairnya dibelitkan (Twisted) sehingga membentuk sebuah pola berbentuk spiral. Kabel ini tidak mempunyai pelindung atau Unshield sehingga kurang tahan terhadap kekuatan elektomagnetik yang berasal dari sekitar kabel tersebut. Kabel ini harus dijodohkan dengan konektor 8P8C yang biasa disebut RJ-45, RJ adalah singkatan dari Register Jack.

Kabel UTP ini merupakan jenis kabel Twisted Pair yang paling dikenal dikalangan pengguna jaringan LAN selain harganya murah dan proses instalasi yang bisa dibilang mudah

Foiled Twisted Pair atau FTP

Tak berbeda jauh dengan Unshielded Twisted Pair atau UTP, jenis kabel jaringan ini juga memiliki 4 pasang kabel tembaga yang mana tiap pairnya dibelitkan saling berlilitan sehingga membuat pola bebrbentuk spiral. Kabel yang dikenal dengan nama S/UTP ini menggunakan aluminium foil yang dipasang tepat di bawah karet luar yang berfungsi melindungi isolator sehingga kabel FTP ini lebih tahan terhadap kekuatan elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel,

Shielded Twisted Pair atau STP

Kabel jaringan ini yang paling sempurna dibandingkan dengan 2 kabel Twisted Pair diatas, meskipun secara umum kabel ini memiliki susunan kabel yang sama dengan UTP dan FTP. Namun mempunyai perbedaan material dan bahan pembungkusnya membuat kabel jaringan STP ini lebih tahan terhadap kekuatan elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.

Penggunaan lapisan aluminium foil pada kabel STP ini juga dibuat lebih spesifik, yaitu tidak hanya dipasang di bawah karet luar saja melainkan dipasang di setiap pasang kabel. Kabel yang populer dengan nama STP ini harus dijodohkan dengan konektor RJ-11.

    Kelebihan Kabel Jaringan Twisted Pair :
  1. Instalasi pada jaringan ini cukup mudah karena tidak dibutuhkan peralatan khusus.
  2. Pemeliharaan kabel jaringan Twisted Pair ini terkenal paling mudah dan biayanya juga yang murah.
  3. Ukuran kabel ini terbilang paling kecil sehingga cukup fleksibel.
  4. Kerusakan pada salah satu kabel ini tidak akan menggangu jaringan kabel secara keseluruhan.
  5. Khusus untuk kabel jaringan FTP dan STP mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.
    Kekurangan Kabel Jaringan Twisted Pair :
  1. Jarak jangkau kabel jaringan Twisted Pair hanya 100 meter, sehingga kurang biasa diandalkan untuk jaringan besar.
  2. Kecepatan transmisi kabel ini relatif terbatas.
  3. Salah satu jenis kabel Twisted Pair UTP cukup tentan terhadap interferensi gelombang magnetik.
  4. Salah satu jenis kabel Twisted Pair STP dijual dengan harga yang relatif mahal.
Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "Jaringan Twisted Pair"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda