Pengertian Media dan Jenis-Jenis Media

Pengertian Media

Media adalah bentuk saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Kata media berasal dari bahasa Latin Medius yang berarti "Tengah", "Perantara", atau "Pengantar". Dalam nahasa Arab "Media" adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Jadi dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

Banyak ahli yang memberikan batasan mengenai pengertian media, diantaranya adalah :
  • Syaiful Bahri Djamarah : Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.
  • National Education Asociation : Media adalah sarana Komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual.
  • Miarso : Media adalah segala seuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.
Jenis-Jenis Media :
  • Media Visual, Media Visual adalah media yang bisa dilihat dan dibaca. Berbagai jenis media ini sangat mudah untuk didapatkan. Contohnya : Foto, Gambar dan Poster.
  • Media Audio, Media Audio adalah media yang bisa didengar saja, menggunakan indra telinga. Contohnya : Suara dan Musik.
  • Media Audio Visual, Media Audio Visual adalah media yang bisa didengar dan dilihat secara bersamaan. Media ini menggerakkan indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Contohnya : Film dan Televisi.
Semoga Bermanfaat :)  

1 Response to "Pengertian Media dan Jenis-Jenis Media"

  1. Ini sumber buku nya apa ya gan?
    Lagi ada tugas ni tapi harus ada fotenote nya hhehe
    Thanks

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda