Sistem Jaringan Komputer

Pengertian Host atau Node

Jaringan Komputer secara umum dapat diartikan sebagai kumpulan komputer yang berkomunikasi dengan komputer lainnya menggunakan jaringan secara bersamaan. Pengertiannya yang lebih detail sebagai kumpulan yang saling terhubung secara elektronik. Tujuan utama membentuk Jaringan Komputer adalah memungkinkan Komunikasi data antar pengguna jaringan komputer

 

Host atau Node (Simpul)

Host atau Node (Simpul) adalah sistem komputer yang berfungsi sebagai sumber atau penerima dari data yang dikirimkan. Terdapat 2 jenis Host, yaitu :
  •  Local Host, Local Host adalah sistem komputer yang dapat diakses oleh penggunanya tanpa memerlukan jaringan.
  • Remote Host, Remote Host adalah sistem komputer yang dapat diakses oleh penggunanya saat ada jaringan atau memerlukan jaringan.
Kedua jenis Host di atas sama-sama disebut sebagai simpul. Selain itu juga dikenal beberapa jenis simpul yaitu ; Simpul Dekat (Adjacent Node), Simpul Akhir (End Node) yang merupakan node yang tidak dapat meneruskan data yang diterimanya ke node lainnya, dan yang terakhir Simpul Routing (Routing Node) yang merupakan node yang dapat meneruskan datanya ke node yang lain.

Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "Sistem Jaringan Komputer"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda