Wiring Horizontal dan Wiring Vertical

Horizontal & Vertical Wiring

Untuk mencapai standar konsentrasi kabel, beberapa ruangan telekomunikasi (Wiring Centers) perlu ditempatkan pada lokasi yang direncanakan di sebuah gedung yang akan dibangun. Ruang telekomunikasi ini kemudian akan saling berhubungan untuk menyediakan konektivitas terhadap jaringan yang total pada bangunan tersebut. Standar dari struktur wiring telah dikembangkan untuk membantu menentukan sistem wiring pada sistem jaringan Komputer yang statis dalam jarak kabel maksimum untuk saling berbagi topologi LAN.

Di setiap lantai ruang telekomunikasi berkonsentrasi pada semua kabel jaringan yang terhubung ke setiap Workstation di lantai yang sama dengan ruangan tersebut. Kabel jaringan dihubungkan kembali secara langsung ke ruang telekomunikasi.

Jenis-Jenis Wiring :
  • Wiring Horizontal, dijalankan dari setiap Workstation di suatu lantai yang sama ke ruang telekomunikasi, kemudian berakhir pada pemutusan Punchdown atau di patch panel. Di ruangan telekomunikasi, peralatan jaringan seperti Hub atau Switch terhubung ke setiap stasiun kabel.
  • Wiring Vertical, Jenis Wiring ini biasannya diletakkan dari lantai ke lantai sehingga setiap ruang telekomunikasi di setiap lantai harus berada langsung di atas satu sama lain untuk meminimalisir panjangnya jalan kabel. Kabel Fiber Optic adalah pilihan untuk Backbone Cabbling (Wiring Vertical) karena menyediakan bandwith yang sangat tinggi.
Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "Wiring Horizontal dan Wiring Vertical"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda