Media Fiber Optic

Pengertian Kabel Fiber Optic


Kabel Fiber Optic
sumber gambar : google.com

"Kabel Fiber Optic adalah salah satu jenis kabel yang dibuat dengan teknologi jaman sekarang, sebagian besar bahan dasarnya terbuat dari serat kaca." 

Jika dikaitkan menurut fungsinya sebagai salah satu komponen yang digunakan pada jaringan komputer inilah pengertian kabel Fiber Optic untuk jaringan komputer :

"Kabel jaringan Fiber Optic ini digunakan sebagai media transmisi terarah untuk kepentingan perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer."

Fungsi Kabel Jaringan Fiber Optik :

sumber gambar : google.com

Sebagai Kabel yang berteknologi canggih fungsi kabel Fiber Optic ini untuk kepentingan jaringan seperti LAN, WAN ataupun MAN. Biasanya kabel Fiber Optic ini lebih banyak ditemukan pada Instalasi Jaringan Tingkat Menengah ke atas seperti perusahan-perusahaan besar atau instansi pemerintahan yang menuntun adanya struktur jaringan yang sangat cepat.

Kabel Jaringan Fiber Optik juga merupakan salah satu pilihan jika jaringan yang ingin dibangun menuntut instalasi yang bisa meladeni kebutuhan sebuah gedung dengan beberapa lantai atau bahkan kebutuhan jaringan antar gedung sekalipun. Bahkan kabel ini telah banyak digunakan berbagai sistem komunikasi yang dibangun di dalam laut untuk menghubungkan berbagai kota di belahan dunia.

Stuktur dan Komponen Kabel Jaringan Fiber Optic :


sumber gambar : google.com

Karakteristik kabel ini yaitu bagian didalamnya terdiri dari Inti (Core) yang terbuat dari serat kaca dengan beberapa lapisan lainnya, mirip seperti kabel UTP atau STP yang juga terdapat Insulator yang dirancang dengan beraneka warna. Kecepatan Transfer data yang bisa dilakukan kabel ini berkisar 100 Mbps ke atas bahkan bisa mencapai 1000 Mbps, Diameter kabel jaringan Fiber Optic dan ukuran konektornya relatif kecil sehingga membuatnya fleksibel dalam proses instalasi, Panjang kabel ini bisa mencapai 2 km.

Stuktur Kabel ini :
  • Inti atau (Core), Tepat ditengah-tengah kabel ini terdapat bagian utama yaitu Core atau inti yang terbuat dari serat kaca. Umumnya Core ini memiliki diameter sekitar 2-50 mikrometer. Dimana ukuran Core ini berpengaruh sekali terhadap kemampuan dari sebuah kabel Fiber Optic. Fungsi Core ini sebagai tempat berlangsungnya perambatan cahaya dari satu ujung ke ujung kabel lainnya.
  • Jacket, Lapisan yang melindungi Core pada kabel ini disebut Cladding yang terbuat dari kaca. Dimana hubungan indeks bias antara Core dan Cladding akan mempengaruhi perambatan cahaya pada Core. Diameter Cladding ini berkisar antara 5-250 mikrometer. Cladding merupakan bagian yang mempunyai peran paling penting karena berkat Cladding inilah cahaya dapat merambat dalam Core serat optik.
  • Mantel atau Coating, Di bagian luar setelah Cladding terdapat mantel yang umumnya terbuat dari bahan plastik. Fungsi Coating pada kabel ini adalah pelindung mekanis yang menjaga serat optik dari kerusakan yang dapat terjadi karena lengkungan kabel atau gangguan luar lainnya. Misalnya kelembaban.
  • Strength Member dan Outer Jacket, Merupakan lapisan terluar dari kabel ini. Fungsinya untuk melindungi bagian Core dari berbagai macam gangguan luar.
Jenis-Jenis kabel Jaringan Kabel Fiber Optic :

  1. Single Mode, Kabel ini relatif mempunyai Core  yang relatif kecil, dengan diameter sekitar 9 micron. Jenis kabel Single Mode ini menggunakan transmitter laser semi konduktor yang mengirim sinar laser inframerah dengan pajang gelombang hingga 1300-1550 nm. Disebut Single Mode karena penggunaan kabel ini memungkinkan  terjadinya satu modus cahaya saja yang dapat tersebar melalui intinya.
  2. Multi mode, Jenis kabel ini mempunyai Core ini mempunyai Core yang lebih besar dibandingkan dengan kabel Single Mode yaitu 62.5 micron. Dengan ukuran yang lebih besar ini memungkinkan ratusan modus cahaya tersebar melalui serat secara bersamaan. Kabel ini menggunakan LED (Light Emitting Diode) sebagai transmisinya.
Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "Media Fiber Optic"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda