Topologi Dasar dan Pengembangan Topologi

Topologi Dasar dan Pengembangan Topologi

Topologi adalah suatu jaringan didasarkan pada cara penghubungan sejumlah Node atau sentral dalam membentuk suatu jaringan. Setiap topologi memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan mempunyai keuntungan dan kerugian masing-masing.Topologi biasannya menggunakan media : Twisted Pair, Kabel Coaxial, dan Logical Topologi,

Topologi yang masih digunakan adalah Topologi Bus. Pada Topologi Bus kedua ujung jaringannya harus diakhiri dengan sebuah terminator, Topologi ini seringkali ditemukan di sistem client/server, dimana salah satu mesin pada jaringan tersebut difungsikan sebagai File Server, yang berarti bahwa mesin tersebut dikhususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasannya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi. Intsalasi jaringan bus ini maksimal terdiri dari 5 sampai 7 komputer.

Pengembangan Jaringan atau penambahan Workstation dapat dilakukan tanpa menggangu Workstation lain. Topologi Linear Bus merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial, maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain

Jenis-Jenis Topologi :
  • Topologi Star, merupakan bentuk Topologi jaringan yang berupa konvergensi dari Node tengah ke setiap pengguna. Kelebihan Topologi ini adalah; Jika node tengah mengalami kerusakan seluruh jaringan akan terhenti, Tahan terhadap jaringan yang sibuk, Tingkat keamanan tinggi.
  • Topologi Ring, adalah topologi jaringan dimana setiap itik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar seperti cincin. Pada Topologi ini kominikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
  • Topologi Mesh, Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1)
  • Topologi Tree, Jaringan ini disebut juga sebagai Topologi Jaringan Bertingkat. Topologi ini biasannya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda, topologi jenis ini cocok untuk digunakan pada sistem jaringan komputer. Jaringan ini terdapat beberapa tingkat Node. Pusat yang lebih tinggi tingkatnya dapat mengatur Node lain yang tingkatnya lebih rendah. Keunggulan jaringan ini adalah dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat.
  • Tropologi Linier, Jaringan Linier ini disebut dengan Topologi Linier Bus. Layout ini termasuk layout umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T-Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator. Konektor yang digunakan bertipe BNC (British Naval Connector) dan kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Coaxial Thinnet).
Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "Topologi Dasar dan Pengembangan Topologi"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Saran dan Kritik Anda